Posted in Business Management

Tahukah anda siapa Hadji Kalla?

Banyak yang sudah mengenal siapa Jusuf Kalla, namun hanya segelintir yang tahu siapa Hadji Kalla ayah Jusuf Kalla dan pendiri perusahaan PT. Hadji Kalla yang mampu bertahan lebih dari 5o tahun.

Kita banyak memiliki alasan-alasan yang membenarkan kegagalan kita dalam berusaha…,

Namun setelah membaca buku biografi Hadji Kalla saya tersentak, bahwa seorang anak manusia biasa dari lingkungan yang biasa, serta dari tingkat pendidikan yang biasa namun dapat menjadi teladan bagi banyak orang….

Kita beralasan…Kita tidak mampu karena tanpa adanya bantuan dari orang tua, kerabat, atau pemerintah. Tapi ternyata Hadji Kalla adalah seorang yatim sejak usia 3 tahun, namun mampu menjadi pengusaha yang sukses tanpa bantuan dari seorang ayah, tanpa kerabat yang kaya, tanpa pemerintahan yang mendukung yang tentunya pemerintahan jaman dulu masih sangat tertinggal dengan sistem pemerintahan sekarang. Jadi bisnis yang dikembangkannya benar-benar adalah bisnisnya sendiri, dimulai dari nol….
Kita banyak beralasan tidak mampu membuat perusahaan karena minimnya pendidikan, namun Kalla muda dapat berhasil walaupun beliau sendiri tidak mampu menamatkan SDnya…Luar Biasa!!

Kalla muda tinggal dan berjualan di sebuah kios di pasar Bajoe di sebuat kabupaten kecil Sulawesi Selatan. Jadi konsep SOHO, small office home office ataupun RUKO sudah dilakukan oleh orang-orang tua kita dulu, untuk menghemat biaya hidupnya. Dan ternyata dengan tinggal dan berbisnis dari rumah dapat menghemat biaya yang besar dan  uang yang dapat dihemat bisa dibuat untuk pengembangan usahanya…Ya beliau menyerahkan usahanya PT. Hadji Kalla kepada penerusnya tanpa hutang satu sen pun (Buku: Hadji Kalla Saudagar dari Mesjid)

hadji-kalla-sebuah-refleksi-pengusaha-indonesia.doc

Author:

RUMAH BISNIS INDONESIA Helping and Inspring People to Build Indonesia from Home by Doing Business from Home

One thought on “Tahukah anda siapa Hadji Kalla?

Leave a comment