Posted in Business Management

5 Pebisnis Paling Terkenal dan Terbaik Se Indonesia


Di dunia bisnis terutama di Indonesia, ada jutaan orang pebisnis yang melakukan bisnis dengan cara-cara yang baik dan memberikan pengaruh yang positif bagi masyarakat Indonesia. Orang-orang ini sangat terkenal dan sangat berpengaruh bagi perubahan bisnis dan kehidupan seluruh masyarakat Indonesia. 


Para pebisnis yang sudah begitu banyak memberikan teladan dan kebaikan adalah:
  1. Muhammad Jusuf Kalla, SE. Beliau adalah sosok yang sangat berpengaruh bagi dunia bisnis dan  sekaligus juga berpengaruh di dunia politik. Kemampuannya dalam menguasai 2 bidang sekaligus memberikan pengaruh baik bagi kelangsungan kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak banyak yang tahu bahwa bisnis besar Kalla Group dirintis oleh ayah Jusuf yaitu Hadji Kalla yang dimulai dari rumah yang juga merupakan tempat usahanya. Bahkan bisnis Hadji Kalla dimulai dari keluarga tanpa karyawan dan pernah malah hanya memiliki 1 orang karyawan saja. Ini bisa menjadi contoh bahwa dalam berbisnis semuanya bisa dilakukan sendiri pada awalnya. Nanti jika usaha sudah mulai berkembang maka mulailah mencari karyawan. Beliau adalah sosok pengusaha yang rajin membantu masyarakat terutama dalam bidang sosial dan kemasyarakatan. Kemampuan lain yang dimiliki Jusuf Kalla adalah kebaikan hatinya dalam membantu mendamaikan orang-orang yang bertikai dan sedang dalam masalah. Muhammad Jusuf Kalla memang pebisnis yang tidak hanya memikirkan sisi keuntungan bisnis semata namun juga dalam sisi kebaikan dari seorang manusia. Kesibukannya yang luar biasa dalam berbisnis dan berpolitik praktis tetap membuatnya mampu berkarya dalam bidang sosial. Saat ini beliau tidak hanya aktif dalam berbisnis namun juga sebagai ketua Palang Merah Indonesia yang membantu orang-orang yang membutuhkan darah, juga sebagai ketua Dewan Masjid Indonesia yang membantu orang-orang menemukan jalan kepada Sang Maha Pencipta. Pengaruh seorang pebisnis sekelas Jusuf Kalla telah memberikan teladan bagaimana seorang pebisnis melakukan bisnisnya yang tidak hanya berfokus pada keuntungan materi semata. 
  2. Chairul Tanjung. Ayah Chairul Tanjung adalah seorang wartawan yang sempat bangkrut dan harus menjual rumahnya dan harus tinggal di sebuah kamar losmen yang sempit. Chairul Tanjung memulai bisnisnya saat masih kuliah dengan berbisnis jualan buku dan fotocopy di kampusnya. Kiprahnya dalam dunia bisnis mulai dikenal saat beliau masuk ke dunia pertelevisian dengan mendirikan TRANS TV dan membeli perusahaan sekelas Carrefour. Keahliannya dalam mengelola bisnis sudah bukan rahasia lagi. Beliau begitu paham menggunakan strategi “busineses network” dalam membangun jaringan bisnisnya. Beliau memiliki kemampuan intuisi bisnis yang baik yang dibarengi dengan semangat hati nurani yang baik dan sopan. Semangat kerja yang luar biasa serta ketekunannya melahirkannya sebagai sosok pebisnis papan atas Indonesia dengan aset yang fantastis. Beliau adalah pendiri CT Corporation dengan jaringan network mulai dari TV, Retail Carrefour, Bank Mega dan Detik.Com dimilikinya. Beliau berkata: Dibutuhkan sebuah kesabaran, dan tak pernah menyerah. Jangan sampai banyak yang mengambil jalan seketika (instant), karena dalam dunia usaha kesabaran adalah salah satu kunci utama kesuksesan. 
  3. Ir. Ciputra. Guru properti Indonesia adalah Ciputra. Beliau adalah sosok pebisnis yang ahli dalam bidang properti. Namun juga memberikan pengaruh yang kuat dalam pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Beliau sangat terkenal dingin dan piawai dalam membangun bisnis properti di Indonesia. Walaupun beliau pernah bangkrut dan hanya berkantor di sebuah garasi di rumahnya, namun terbukti beliau mampu bangkit dan berjaya serta menginspirasi banyak orang untuk tetap membangun maha karya untuk anak cucu kita di masa depan. 
  4. Ir. Aburizal Bakrie. Beliau dikenal sebagai orang yang kaya dan memiliki banyak asset baik bidang properti, pendidikan dan bidang informasi seperti TV ONE. Aburizal Bakrie dikenal sosok yang murah senyum dan tekun dalam bekerja. Aburizal memmberikan contoh bagaimana tetap berada diatas walaupun kondisi sedang sangat parah. Beliau pernah berkata lebih miskin daripada pengemis karena banyaknya hutang yang dia miliki. Namun justru saat itulah dia bisa tetap bangkit dan berjaya walaupun pada saat pahit sekalipun. Forbes pernah merilis daftar orang terkaya di Indonesia, Ical menduduki peringkat ke-30 dengan total kekayaan US$ 890 juta. Aburizal Bakrie adalah pebisnis yang ahli berbisnis tanpa modal alias tanpa uang sepeserpun dikantongya. Yang beliau miliki adalah ide dan strategi bagaimana memiliki sebuah bisnis dengan modal orang lain. Dan kenyataannya bisnisnya sampai saat ini terus berkembang pesat. BISNIS TANPA MODAL ala Aburizal Bakrie
  5. Yusuf Mansur. Untuk ukuran aset kekayaan materi memang beliau bukanlah apa-apa. Namun dalam ukuran pengaruh kebaikannya dalam berbisnis terutama dalam bisnis sedekah beliau adalah No.1 di Indonesia. Beliau adalah sosok sederhana, dan memiliki intuisi bisnis walaupun dengan modal yang sangat minim. Bisa dibilang bisnis beliau juga dimulai dari rumah sederhana yang ada di Cipondoh Tangerang, lalu lambat laun berkembang dan menjadi besar menjadi sebuah lembaga pendidikan dan pesantren bagi penghapal Al Quran. Pertama kali berbisnis saat diajak teman kosnya berbisnis komputer, namun ternyata bukannya untung malah bisnis tersebut memberinya hutang sekitar 1.6 Milyar. Saat itulah beliau berada di jaman jahiliyah, dan sempat masuk penjara. Namun didalam penjara beliau menulis buku “Mencari Tuhan yang Hilang” yang ternyata dari penulisan buku yang sukses tersebutlah perjalanan kesuksesan Yusuf Mansur mulai mendapatkan jalan Tuhan yang sebenarnya. Dengan ilmu keyakinan dalam bersedekahnya beliau mampu bangkit dalam masalah yang dihadapinya. Beliau sosok yang memiliki keyakinan yang teguh terutama dalam agama. Sosok beliau memang lebih banyak dikenal sebagai ustad atau guru yang rajin menulis sehingga begitu banyak buku-buku tentang nilai sedekah terbit dari kemampuannya dalam menulis dan bertutur kata. Pengaruh beliau dalam mengajak kepada kebaikan terutama sedekah telah memberikan pengaruh positif di dalam masyarakat Indonesia. Beliau adalah pendiri Wisata Hati dan Pondok Pesantren untuk membangun nilai-nilai Islam sebagai agama yang memberikan manfaat bagi seluruh alam dengan kehebatan memberi. 
Semua pebisnis ini adalah juga orang biasa seperti kita umumnya. Namun satu hal yang dimiliki oleh orang-orang ini adalah keinginan yang kuat dan tulus dalam memberi dan melakukan sesuatu. Didalam dirinya terpancar nilai-nilai keberadaan Sang Maha Pencipta dalam membuat, memelihara dan mengembangkan sesuatu usaha yang bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri namun juga bagi kehidupan dimasa yang akan datang. 

Intinya, tetaplah berbisnis dengan baik dan benar jalan sesuai hati nurani dengan penuh keuletan dan kesabaran sehingga suatu hari nanti kitapun dapat menjadi teladan bagi anak cucu kita dimasa depan. 




Author:

RUMAH BISNIS INDONESIA Helping and Inspring People to Build Indonesia from Home by Doing Business from Home

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s