Posted in Business Management

3 LANGKAH sederhana MEMULAI BISNIS SENDIRI



3 Cara Sederhana dan Mudah
untuk Memulai Bisnis Sendiri


1. What do you like? Tentukan hal-hal apa saja yang anda sukai untuk anda lakukan, hingga walaupun anda tidak dibayar sekalipun, anda masih tetap mau melakukannya (remember…please enjoy your business!!!). Bisnis yang paling nikmat adalah bisnis yang kita sukai. Misalnya anda suka bermain bola. Anda tentunya tetap bermain bola walau anda tidak dibayar untuk melakukan hal tersebut. Nah anda bisa membuat bisnis yang berhubungan dengan olah raga bola tersebut, misalnya membuat “event organizer” untuk acara bola, membuat sepatu bola, menjual alat-alat olah raga bola dan lain-lain. Jika anda suka internet anda bisa membangun bisnis anda yang berhubungan dengan internet, misalnya membuat warnet, design grafis, programmer, blog dan lainnya. Jika anda suka mobil anda bisa mencoba berbisnis jual beli mobil atau bisnis sewa mobil. Nah bagaimana jika anda sukanya hanya TIDUR?????…..
Anda masih bisa tetap juga berbisnis! yaitu berbisnis kost atau penginapan atau bahkan hotel. Yang intinya adalah: apapun yang kita sukai pasti ada orang lain yang juga menyukainya.

Nah dari sinilah kita bisa berbagi manfaat dan pada akhirnya uang datang dengan sendirinya sejalan dengan kemampuan kita memberi manfaat (added value) kepada orang lain.

2. Where do you want to go? Tentukan arah mana yang akan anda tuju (ULTIMATE VISION). Buatlah semacam “grand design” atau map/peta yang menentukan “tujuan akhir” anda. Buatlah impian anda setinggi mungkin, kalau perlu yang HAMPIR MUSTAHIL TERJADI (your impossible dream). Karena bisa jadi mustahil bagi kita untuk mewujudkannya, tapi tidak ada yang mustahil jika Tuhan yang berkehendak. Percayalah suatu saat nanti tujuan anda akan tercapai. Misalnya anda bermimpi memiliki sebuah kantor, tentukanlah kapan kantor itu akan terwujud dan bagaimanakah bentuk kantor tersebut. Bermimpilah karena dengan demikian akan memberikan harapan2 yang membuat kita jadi lebih bersemangat. Nah saat kita mulai bersemangat akan mulai muncul ide2 yang luar biasa yang akan menuntun kita sedikit demi sedikit menuju TUJUAN AKHIR kita…

3. When do you want to start? KAPAN mulai berbisnis ya???. Tentukan secepatnya dan mulailah saat ini juga, planning/perencanaan memang penting namun yang terpenting lagi adalah “langsung memulai saat ini juga”. Kapan itu? ya….mulai sekarang juga. Bangkit dari kursi atau tempat tidur anda dan mulai berbuat sesuatu. IKUTI HATI ANDA…..Jika anda telah memulai hari ini lanjutkanlah esok harinya. Begitu seterusnya….Dan jika suatu hari anda gagal cobalah belajar dari kegagalan itu dan mulailah lagi…Percayalah semua orang yang anda temui “pernah” merasakan kegagalan dan orang yang sukses adalah orang yang “terus mencoba sekali lagi”.


Sebelum terjun langsung ke dunia bisnis, pelajarilah sedikit tentang usaha anda atau minimal belajar sedikit dunia Marketing….
Kita perlu sedikit mempelajari dunia Marketing untuk menunjang BISNIS kita…
Nah jika anda sudah memahami 4P ini, maka langkah selanjutnya akan jauh lebih mudah…
4 P tersebut akan saya jabarkan secara sederhana yaitu:

Product:
Pilihlah produk atau jasa apa yang akan anda lakukan untuk sebuah bisnis. Asalkan produk tersebut bermanfaat “pasti” ada orang yang akan membelinya. Selama produk atau jasa yang anda hasilkan bermanfaat percayalah bisnis anda akan terus berkembang sejalan dengan berjalannya waktu. Didalam membuat produk atau jasa jangan lupa memberi sebuah nama atau brand yang sesuai dengan manfaat produk anda. Misalnya, jika anda ingin membuat toko roti buatlah brand “ROY Crunchy Bread” yang kurang lebih artinya roti yang renyah oleh si Roy atau “Gurih-Enak SUPER Bakery”, atau jika berbisnis rental bisa gunakan kata RENT. Misalnya CMPrent.com untuk sewa mobil. Jangan lupa nama brand anda harus unik juga (differentiated strategy) dan mudah diingat/diucapkan serta enak untuk dipanggil maupun didengar.

Price:
Ada dua macam strategi dalam menentukan harga yaitu “Segmented Pricing” dan “Penetration Pricing”. Kedua-duanya baik, namun saya sarankan untuk pemula sebaiknya memilih srategi harga dengan “penetration pricing strategy” yaitu strategi yang lebih mendahulukan harga yang lebih murah terlebih dahulu yang terpenting adalah mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Kalau perlu barang atau jasa yang anda berikan kepada konsumen anda dengan cara GRATIS. Percayalah “ada sesuatu” yang MAHA DAHSYAT yang akan selalu “membayar” jerih payah anda dengan harga yang sesuai dengan pengorbanan yang telah anda berikan.

Place:
Tentukan bagaimana agar produk atau jasa anda dapat diterima dengan baik oleh pelanggan anda. Usahakan permudahlah orang lain untuk menggunakan produk anda. INGATLAH selalu bahwa Tuhan menginginkan kita agar memenuhi “kebutuhan dan keinginan” orang lain. (makhlukNya). Tempat usaha yang paling baik adalah tempat yang banyak orangnya atau sering dilewati orang (strategis). Karena dimana ada manusia disitulah ada rezeki bertebaran.

Promotion:
Jika anda telah menentukan produk atau jasa anda, harga sudah ditentukan, saluran distribusi telah ditentukan MAKA anda perlu melakukan promosi atau “memberikan” informasi tentang usaha anda. Jangan pelit dalam memberikan informasi karena semua informasi yang anda berikan adalah salah satu cara efektif dalam menunjang usaha anda. Cara yang paling hemat adalah dengan “berbicara” anda tentukan tidak harus mengeluarkan biaya untuk itu bukan?…Hal yang sering dilupakan pebisnis pemula adalah “name card” upayakan membuat kartu nama yang menampilkan sisi positif dan manfaat serta image atau “positioning” terbaik bagi usaha anda.

SELAMAT BERJUANG…Saya percaya anda dan kita semua akan SUKSES…Satu hari nanti…
Percayalah kita akan bertemu di “puncak”.

SALAM!!!

Author:

RUMAH BISNIS INDONESIA Helping and Inspring People to Build Indonesia from Home by Doing Business from Home

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s