Posted in Usaha dan Bisnis Indonesia

Kaum Muda & Dunia Usaha


“Langsung aja mandi, gak usah kebanyakan mikir,” kata seorang pebisnis kepada anak muda yang mau terjun ke dunia usaha. Mau jadi wirausahawan? Inilah dunia yang sebenarnya banyak sekali peminatnya tetapi hanya sedikit yang berhasil di Indonesia.

“Setiap tahun kita melahirkan 750.000 lebih sarjana menganggur, setiap tahun sekolah hanya menciptakan pengangguran intelektual, sementara jumlah wirausahanya hanya ada 0,08 persen dari total penduduk Indonesia,” kata Ir. Ciputra, pengusaha properti, yang terpilih sebagai peraih penghargaan Ernst and Young Entrepreneur of the Year (EOY) 2007 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (28/11).

Sekali lagi, jumlah wirausahawan kita hanya 0,08 persen dari total penduduk Indonesia yang mencapai 220 juta jiwa. Sementara untuk tahun 2006 – 2007 jumlah pengguran mencapai lebih dari 10,93 juta orang. Hal ini diperparah dengan rendahnya kualitas dan produktivitas tenaga kerja yang mayoritas pendidikannya adalah tamatan sekolah dasar sebanyak 56,23 persen. Ini masalah nasional yang perlu mendapat perhatian. ’’Tantangan ke depan, kita harus bisa melahirkan wirausaha muda,” kata Ciputra. Bagaimana caranya?

Salah satu cara adalah, pentingnya membuat rencana usaha atau dalam istilah yang umum, disebut “Business Plan” (BP). Dengan BP inilah, seorang kandidat pengusaha akan dapat memantapkan kepercayaan dirinya, untuk tidak ragu-ragu terjun serius ke dalam bisnis. BP ini menjadi semacam ”peta jalan” untuk seseorang yang mau mencapai tujuan.

Kini, coba hitung, berapa pengusaha muda yang muncul dari HIPMI atau non-HIPMI? Berapa Entrepreneur atau wirausaha baru yang sangat penting untuk masa depan Indonesia itu? ”Jangan langsung terjun ke politik, tapi wirausaha dulu. Kalau anda sudah menjadi pengusaha yang mapan, baru terjunlah ke politik,’’ saran Wapres M Jusuf Kalla kepada kaum muda dan calon politisi. Kalla sering memberi contoh mengenai besarnya jumlah anggota kabinet dan gubernur yang berlatar belakang pengusaha. ’’Dalam politik demokrasi, peran dan posisi pengusaha sah-sah saja dan boleh jadi akan semakin mengemuka,’’ kata Kalla.

Dunia usaha merupakan medan yang berpotensi besar mengatasi kemelaratan. Di tengah lonjakan harga minyak dunia yang mengganggu pembangunan ekonomi kita, dunia usaha merupakan harapan sekaligus tantangan. Di tangan para wirausahawan, ada kemampuan untuk mengubah Indonesia, bahkan mengubah dunia, yang penuh kemelaratan. Betapa ironisnya Indonesia yang punya kekayaan alam, tetapi rakyatnya miskin karena sedikitnya wirausahawan.

Dalam konteks dunia usaha itu, menurut data Bank Indonesia (BI), total target ekspansi kredit UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) pada 2007 diproyeksikan sebesar Rp 87,62 triliun. Pada 2008 diproyeksikan mencapai Rp 98,3 triliun, sedangkan pada 2009 diperkirakan mencapai Rp 117,96 triliun.

Survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan mayoritas UMKM yang menjadi target kredit adalah perusahaan yang bergerak di sektor perdagangan dan jasa-jasa, yaitu sekitar 65 persen, sedangkan selebihnya atau 35 persen adalah sektor manufaktur dan pertanian. Masih terkait dengan dunia usaha, coba cermati pengumuman Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tahun ini yang mengumumkan kenaikan realisasi total investasi yang mencolok. Total persetujuan investasi selama Januari-Maret 2007 sebesar Rp 204,3 triliun, meningkat 447,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun angka itu masih dibawah target tahun 2007 yaitu Rp 248,5 triliun. Boleh jadi, hal ini menjadi isyarat atas berakhirnya musim ‘paceklik’ investasi dan bisnis, sekaligus tanda perbaikan iklim usaha di Indonesia.

Jadi, kenapa masih ragu terjun ke dunia usaha? Dunia usaha adalah sebuah kancah perjuangan. Kalau kita bandingkan itu sebagai sebuah peperangan, maka panglima perang Sun Tzu pernah berkata: “Apabila Anda menginginkan kemenangan di medan perang, maka terlebih dahulu Anda harus mengenal dengan baik keadaan sekitar, sungai-sungai, gunung-gunung serta hutan-hutan yang ada, dengan demikian baru pintu kemenangan akan terbuka untuk Anda.”

Dalam konteks dunia usaha ini, jangan lupa bahwa Indonesia harus siap menghadapi pemberlakuan pasar tunggal ASEAN pada tahun 2015. Kita harus mampu memanfaatkan peluang pasar yang besar di dalam negeri tetapi juga serius membidik potensi pasar di ASEAN. Adanya kebebasan dalam aliran barang yang disertai penghapusan hambatan tarif dan non-tarif harus bisa dimanfaatkan produsen Indonesia untuk melakukan penetrasi pasar lebih luas di kawasan ASEAN. Agar kita tidak jadi ’pasar besar’ belaka bagi produsen luar.

Selama ini Indonesia baru melakukan ekspor intra ASEAN ke Singapura dan Malaysia. Sedangkan negara tujuan utama ekspor utama lebih banyak ke Jepang dan Amerika Serikat. Karena itu, peran kaum wirausahawan dalam merespon pasar tunggal ASEAN mutlak diperlukan. Jadi, masih ragukah anda memasuki dunia usaha ?

*Herdi Sahrasad, Associate Director Media Institute dan Pusat Studi Islam dan Kenegaraan (PSIK) Universitas Paramadina

Author:

RUMAH BISNIS INDONESIA Helping and Inspring People to Build Indonesia from Home by Doing Business from Home

29 thoughts on “Kaum Muda & Dunia Usaha

  1. Bagaimana memulai usaha, apakah modal pribadi atau langsung Pinjam ke bank, bagaimana memilih suatu usaha yg diperkirakan dpt berhasil, apakah diperlukan survei lapangan utk menangkap peluang usaha yg potensial utk dikembangkan,

    1. Memulai usaha bisa dilakukan dengan:
      1. Modal sendiri, tentunya dengan modal seadanya anda bisa juga membangun bisnis anda dan pada tahap awal mulailah dari rumah sendiri.
      2. Jika anda sudah merasa cocok dengan bisnis anda mulailah mengembangkannya dengan menambah modal usaha. Ini bisa anda dapatkan melalui IMF (Istri/suami-Mertua-Family) nah jika tidak punya keluarga bisa juga anda mulai bersama teman atau kerabat dekat anda.

      Untuk memulai usaha memang perlu diadakan survey tapi untuk tahap awal JUST DO IT…artinya lakukan saja dulu baru kemudian melihat hasilnya apakah anda sudah cukup puas atau belum merasa puas. Jika belum puas lakukan berbagai terobosan yang kreatif. Biasanya lambat laun bisnis anda akan semakin berkembang….semoga sukses

  2. I found your blog on google and read a few of your other posts. I just added you to my Google News Reader. Keep up the good work. Look forward to reading more from you in the future. Thank you

  3. Sangat paham akan keadaan kita kedepan semakin sulit ,.tlng ksh saran kenapa sy usaha jatuh bgn trus ,? Terumata urusan modal susah bgt buat suntikan dana .tq

  4. Tepat sekali bos,, setiap tahun kita hanya menelurkan penganggur2 intelektual. Untuk itu, kita harus mengubah pola pikir sebagian besar penduduk indonesia dimana mereka mengenyam bangku sekolah dengan harapan bisa bekerja kantoran dsb.. Buruh ya tetap buruh,, jadilah pengusaha walaupun di mulai dengan usaha yang kecil2an. Thanks informasinya.

  5. bagus juga artikelnya.sy sgt trtrik dgn usaha.trus gmn sy bisa dapat dana…?ada dana blh jadi wirahusaha klw tidk…….?

  6. memang banyak peluang usaha kalau mau. Apapun ceritanya sekecil apapun usaha yg akan kita ciptakan MODAL kedepan. Coretan diatas*maaf*cocok bagi yg punya modal,keahlian,tempat usaha dll,tapi bagaimana yg gag punya itu,cuma tamatan sd atau smp bahkan tidak sekolah*tahu baca tulis aja diajarin teman*.apakah dia ini punya harapan….paling cuma buruh.angan utk hidup serba cukup gag bisa kita tidakan pada setiap orang.ok…yg dah punya usaha, utk mengembangkan usahanya mintak bantuan kredit kebank*usahanya apa,anggunanya apa#gag ada#,yaa…belum bisa dibantu. Yg lain.. ok..bisa kita bantu 10 jt, belum diterima ada kwitansi asuransi rp…,adm rp…uang lihat usaha rp..,lainya rp..sisa rp…aa..a.a##BERSAMBUNG COY…!!

    1. Saya percaya jika anda sudah sangat menginginkan sesuatu anda pasti akan mendapatkannya. Mulailah hari ini dengan apa saja yang anda sukai. Pasti berhasil.
      Jika modal dari nol, mulailah dari apa yang anda miliki.
      Misalnya:
      anda memiliki otak
      anda memiliki tangan
      anda memiliki teman
      anda memiliki orang tua atau keluarga….mulailah dari yang ada disekitar anda… jika anda sudah bisa memberdayakan apa2 yang sudah anda miliki saya percaya anda akan sukses….selamat memulai usaha anda….

  7. yang d tulis benar2 luar biasa…?
    tapi saya sendiri belum pernah terjun ke dunia usaha….soalnya saya sendiri bingung harus dari mana memulainya….padahal saya udah kerja sebagai seorang karyawan tapi jujur saya sudah bosan…minta saran dong bagaimana cara memulai untuk jadi seorang wirausahawan

  8. tulisann yang sangat bagus sangat memotivsi saya untuk semakin ingin menjadi pengusaha sukses, ditunggu nich artikel2 berikutnya dan syukur2 bisa berbagi usaha pada kita. thanks…,

  9. infonya mantap. mari berbisnis dimulai dari usaha kecil dulu gan.

    info baru : Sudahkah anda temukan banyak pengguna internet yang mulai terbuka wawasannya adalah hasil dari program farhan fh ?

    dapatkan isnpirasi unik untuk memulai usaha kecil dengan cara cepat.
    buka segera farhanfh.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s