Definisi Pemasaran (Marketing Definition)

Philip Kotler defines marketing as ‘satisfying needs and wants through an exchange process’

Inti definisi pemasaran atau marketing adalah MEMUASKAN KEBUTUHAN & KEINGINAN (manusia) melalui proses pertukaran. Artinya Marketing bisa dianggap sebagai sebuah level tertinggi dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia yang paling hakiki.

Pemasaran adalah sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam hubungannya dalam pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian dari konsep pemasaran. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.Jadi, marketing adalah sebuah proses seni yang berusaha untuk membuat orang puas (konsumen puas). Jadi tujuan utama bukanlah penjualan itu sendiri (sales oriented) akan tetapi lebih kepada pemenuhan KEBUTUHAN manusia yang paling mendasar. Dengan memahami ini saja, orang-orang yang apatis atau sinis dengan Marketing akan memahami bahwa tujuan marketing sangatlah mulia. Namun mengapa di Indonesia, marketing dianggap rendah? tidak lain karena perilaku beberapa oknum yang tidak mengerti arti penting Marketing itu sendiri. Jadi, jika kita adalah seorang suami maka tugas kita juga sebagai seorang Marketer adalah memuaskan istri, jika kita sebagai karyawan yang bertugas memuaskan bos dan teman sekerja itulah Marketing…sungguh indah…jika semua orang di dunia berusaha untuk memuaskan orang lain bukan?…bukannya malah mencoba MEMUASKAN HASRAT PRIBADI semata…Semoga Sukses!

Asrulsani

About these ads

3 responses to “Definisi Pemasaran (Marketing Definition)

  1. saya telah banyak mencari tau tentang pemahaman arti dari marketing, dan setelah saya mencari tau dari sekian banyak sumber, saya dapat menyimpulkan pengertian ataupun arti dari marketing, yang membedakannya dengan salesman.
    menurut saya hal yg paling membedakan antara salesman dengan marketing adalah :
    salesman menjual “produk” dan sementara marketing menjual “solusi”.
    untuk penjabaran lebih lanjut memang marketing mencakup semua tentang bagaimana menyalurkan produk barang atau jasa kepada konsumen bisa melalui promosi, memperluas jaringan atau membuat lokasi pemasaran dsb. termasuk didalamnya ada salesmen. dan salesmen yg menjalankan defenisi dari marketing tersebut. ya,.. salah atau benar pendapat saya mohon diberi kritikan karena memang saya saat ini otodidak, dan belajar lewat internet. atas saran dan masukan yang diberikan kepada saya, saya ucapkan terima kasih.

  2. Pemasaran berarti proses distribusi dari hilir sampai ketangan konsumen. prodak yang ditawarkan tidak hanya barang tapi juga jasa. Dalam jasa itu berbentuk pelayanan yang baik dan ramah terhadap konsumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s